Selasa, 01 Januari 2008

Teknologi Pengolahan Pakan

1. MANFAAT MATA KULIAH

Pengolahan pakan merupakan suatu kegiatan untuk mengubah pakan tunggal atau campuran menjadi bahan pakan baru atau pakan olahan. Bahan pakan baru yang dihasilkan dari proses pengolahan diharapkan mengalami peningkatan kualitas. Proses pengolahan pakan ini mempunyai beberapa tujuan, diantaranya adalah : pengawetan pakan; penyesuaian ukuran dengan kebutuhan; mengatur kadar air bahan; menjadikan limbah lebih kompak; meningkatkan palatabilitas; meningkatkan/menstabilkan nilai nutrisi; mengurangi bau, jamur, salmonella dan suplementasi dan proteksi nutrisi. Teknologi Pengolahan Pakan adalah mata kuliah yang mengajarkan pemilihan terhadap cara pengolahan yang tepat terhadap bahan pakan sehingga pengolahan yang dilakukan akan benar-benar bermanfaat meningkatkan kualitas nutrisinya.

2. Deskripsi Perkuliahan

Pada perkuliahan ini mahasiswa program studi S1 Nutrisi dan Makanan Ternak akan mempelajari pengetahuan tentang teknik pengolahan pakan secara fisik, kimia dan biologis dari berbagai bahan pakan, baik konsentrat, hijauan maupun limbah pertanian dan agroindustri untuk mempertahankan dan meningkatkan nilai nutrisinya.


3. Tujuan Instruksional

Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu dapat menjelaskan dan membedakan teknik-teknik pengolahan berbagai bahan pakan ternak dan pada akhirnya menentukan strategi untuk mempertahankan mutu serta meningkatkan nilai nutrisi bahan pakan.

4. Strategi Perkuliahan

Metode perkuliahan yang digunakan adalah ceramah, diskusi, studi kasus/memberikan contoh dan praktikum/ekskursi. Ceramah dilakukan untuk memberikan informasi penting yang belum diketahui oleh mahasiswa. Contoh diberikan untuk memperjelas ceramah yang diberikan. Kesempatan untuk berdiskusi akan diberikan pada setiap akhir pokok bahasan, dengan demikian setiap peserta diharapkan untuk dapat menyampaikan gagasan baik berupa pendapat pribadi, hasil observasi maupun kejelasan pokok bahasan. Praktikum diberikan untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa pada materi yang diajarkan.

5. Materi / Bacaan Perkuliahan
1. Anggorodi, R. 1985. Kemajuan Mutakhir dalam Ilmu Makanan Ternak Unggas. UI-PREss, Jakarta
2. McEllhinry, R.R. 1994. Feed Manufacturing Technology IV. American Feed Industry Association, Inc. Arlington.
3. Pfost, H.B. 1964. Feed Production Handbook. Feed Production School Inc.Kansas City
4. Harding,H.A.1978. Manajemen Produksi (Seri Manajenen No.35). Penerbit Balai Aksara. Jakarta.
5. Romindo Primavetcom. RPAN Seminar (A New Concept in Poultry Feed Technology).Romindo Primavetcom Co. Jakarta. Unpublished.
6. Pujaningsih,R.I. 2006. Pengelolaan Pakan Bijian. Cetakan 1. Penerbit Alif Press. Semarang.

Tidak ada komentar: