Selasa, 01 Januari 2008

Pengendalian Mutu Pakan

1. MANFAAT MATA KULIAH

Meskipun tiap-tiap produk mempunyai kekhasan tersendiri, namun hasil proses produksi, baik hasil pertanian maupun produk olahan, pada dasarnya cenderung beragam. Keragaman itu terjadi pada berbagai aspek termasuk unsur-unsur mutunya. Tingkat keragaman yang terlalu besar tidak diinginkan pada produk industri. Keragaman atau variasi mutu yang ringan hanya berarti perbedaan mutu, namun jika berat dapat menjadikan penyimpangan mutu, kerusakan atau cacat yang akan merugikan. Pengendalian Mutu Pakan adalah mata kuliah yang mengajarkan bagaimana cara – cara mempertahankan mutu pakan melalui pengendalian mutu dari sejak bahan pakan diproduksi (pasca panen) sampai produk jadi yang sampai ke konsumen, dengan mengetahui sifat-sifat dari bahan/produk jadi tersebut.

2. Deskripsi Perkuliahan

Pada perkuliahan ini mahasiswa program studi S1 ekstensi Nutrisi dan Makanan Ternak akan mempelajari pengendalian mutu pakan berdasarkan pada sifat-sifatnya (fisik, organoleptik, kimiawi), pengendalian mutu bahan (pasca panen, selama proses pengolahan, penyimpanan, transportasi), evaluasi komponen toksik dan pemalsuan.

3. Tujuan Instruksional
Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu

1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya pengendalian mutu
2. Menyebutkan dan menjelaskan sifat bahan pakan, mutu dan penurunan mutu pakan
3. Menjelaskan pengendalian mutu bahan pakan nabati dan hewani
4. Menjelaskan pengendalian mutu proses produksi/pengolahan
5. Menjelaskan pengendalian mutu selama penyimpanan/pergudangan
6. Menjelaskan pengendalian mutu selama penyimpanan/pergudangan
7. Menjelaskan pengawasan mutu pakan dan metodenya

4. Strategi Perkuliahan

Metode perkuliahan yang digunakan adalah ceramah, diskusi, studi kasus/memberikan contoh dan praktikum/ekskursi. Ceramah dilakukan untuk memberikan informasi penting yang belum diketahui oleh mahasiswa. Contoh diberikan untuk memperjelas ceramah yang diberikan. Kesempatan untuk berdiskusi akan diberikan pada setiap akhir pokok bahasan, dengan demikian setiap peserta diharapkan untuk dapat menyampaikan gagasan baik berupa pendapat pribadi, hasil observasi maupun kejelasan pokok bahasan. Praktikum diberikan untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa pada materi yang diajarkan.

Tidak ada komentar: